Sabtu, 06 Maret 2010

Rambut Ubanan....Pede aja lagi....

Ketika bercermin dan melihat rambut kita sudah mulai ada yang putih untuk sebagian orang akan menjadi masalah serius buat dirinya terlebih diusia yang baru 20 an.  Awalnya ketahuan satu dua kita cabut aja beres, tapi semakin lama jadi berjajar pulau pulau dan mulai ada yang iseng menanyakan keberadaan uban yang tinggal di kepala kita tanpa permisi itu.  Berbagai komentar dari handai taulan, ada yang bilang salah sampo, salah minyak rambut tapi dah ganti sampo dan minyak rambut merek paling ngetop yang katanya mantab buat ngerawat rambut tetap aja tidak ngaruh.  Kata yang ahli penyebab tumbuhnya uban di usia dini adalah karena faktor keturunan, stres berkepanjangan, dan kurang Vitamin B12.
Kalau dibilang faktor keturunan, jelas bener soalnya eyang-eyang dulu waktu tuanya juga ubanan......
Kalau Vitamin B12 itu apaan juga kurang ngerti jadi mungkin aja memang kita kurang mengkomsumsinya.
Kata yang ahlinya konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 akan menghambat pertumbuhan uban dan stres yang berlebihan bisa menguras cadangan vitamin B12. Terkurasnya vitamin ini mempercepat tumbuhnya rambut putih.
Vitamin B12 adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan merupakan bagian dari vitamin B complex yang mengandung kobalt, sehingga disebut sebagai sianocobalamin.  Vitamin B12 hanya ditemukan dari makanan-makanan yang berasal dari hewan, antara lain daging, telur, ikan, dan unggas (ayam dan itik). Dalam jumlah kecil, vitamin B12 pun ditemukan dalam tempe.
Kalau Vitamin B12 dari itu sih cukup kali ya, tiap hari dah makan ikan asin sama tempe.
Jadi bingung juga nih, apa mungkin karena stress ya?tapi yang distressin apa?...
Biarin ajalah nanti malah stress beneran mikirin uban, yang penting bagaimana kita menyikapi harus diapain nih uban.  Pilihanya adalah dicabutin, dihitamin apa disyukurin aja?
Mau dicabutin?, tau nggak bila nyabutin rambut sampai akar-akarnya itu bisa bikin botak karena tidak akan tumbuh lagi, dan bagaimana kalau ubannya semakin banyak mau dicabutin semua tuh rambut.  Selain itu tidak disarankan untuk mencabuti uban karena kulit kepala penuh dengan susunan saraf.
Cara cepat dan menyesatkan itu tinggal dicat hitam aja rambutnya.  Mengecat rambut memang cara instant ngilangin uban tapi tau tidak kalau cat rambut tidak hanya mengenai rambut, tetapi meresap ke dalam pori-pori kulit kepala. Zat-zat kimia yang terkandung dalam minyak dan cat rambut memengaruhi kesehatan rambut sehingga mempercepat tumbuhnya uban, jadi seperti dikasih pupuk aja. 
Dan katanya sih hasil studi Keck School of Medicine- Medical Faculty USC - University of Southern California di AS mengungkapkan, bahwa secara teratur sering mencat rambut dengan cat rambut permanen dapat berisiko tinggi terkena penyakit kanker kandung kemih.

Makanya dari pada melakukan yang justru merugikan pada diri kita lebih baik kita syukuri saja.
Allah memberikan uban itu jelas ada manfaatnya buat kita, dari sebuah penelitian di Jepang dengan lahirnya uban secara prematur bisa mengurangi resiko kanker.  Mulai sekarang hidup kita jalani dengan uban sebagai anugerah dari Allah yang sudah semestinya kita syukuri……jadi Pede aja lagi….

 Dari Fudholah bin ‘Ubaid, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ شَابَ شَيْبَةً فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَانَتْ نُورًا لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَقَالَ رَجُلٌ عِنْدَ ذَلِكَ فَإِنَّ رِجَالًا يَنْتِفُونَ الشَّيْبَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ شَاءَ فَلْيَنْتِفْ نُورَهُ
“Barangsiapa memiliki uban di jalan Allah walaupun hanya sehelai, maka uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat.” Kemudian ada seseorang yang berkata ketika disebutkan hal ini: “Orang-orang pada mencabut ubannya.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Siapa saja yang ingin, maka silakan dia memotong cahaya (baginya di hari kiamat).” (HR. Al Bazzar, At Thabrani dalam Al Kabir dan Al Awsath dari riwayat Ibnu Luhai’ah, namun sanad lainnya tsiqoh –terpercaya-. Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targib wa At Tarhib mengatakan bahwa hadits ini hasan)


غيروا هذا وجنبوه السواد....... مسلم


"ubahlah ini (uban), tetapi jauhilah warna hitam" (H.R. Muslim)

0 komentar:

Posting Komentar